Minggu, 02 Oktober 2016

Surfing: Menaklukkan Ombak di Pantai Pandawa

Aktivitas wisata Pantai Pandawa tidak hanya yang ringan-ringan seperti bermain pasir dan bermain air. Bagi mereka yang tertarik dengan tantangan yang lebih memacu adrenalin, ombak di Pantai Pandawa cukup menantang untuk ditaklukkan di atas sebilah papan. Aktivitas yang dikenal dengan sebutan surfing ini tidak bisa dilakukan di sembarang pantai, karena tidak semua pantai memiliki ombak yang cocok. Kebetulan Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai di Bali yang memiliki ombak yang cocok untuk surfing. Jadi tidak heran kalau diantara wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Bali, ada sebagian diantaranya yang sengaja datang untuk surfing di Pantai Pandawa.




Karena ombak yang cocok untuk surfing tidak ada setiap hari dan tidak selalu ada sepanjang hari, biasanya wisatawan penggemar surfing memang menyediakan waktu liburan yang cukup panjang. Melalui sejumlah aplikasi yang dapat diakses melalui telepon pintar biasanya mereka memantau hari apa dan jam berapa ombak yang bagus untuk surfing muncul. Kalau informasi mengenai ombak ini menunjukkan bahwa ombak yang bagus diperkirakan tidak akan muncul di Pantai Pandawa pada hari tertentu, mereka akan mencari pantai yang lain. Jadi tidak heran kalau kebanyakan wisatawan yang surfing di Pantai Pandawa adalah wisatawan asing yang memang kebanyakan memiliki waktu liburan yang panjang dan sengaja mereka nikmati dengan santai.

Wisatawan domestik yang kebanyakan memiliki masa liburan di Bali yang terbatas dengan jadwal sangat padat yang harus diikuti karena sudah diatur oleh panitia rombongan memang tidak mungkin dapat menikmati aktivitas yang satu ini.

Waktu yang Pas untuk Surfing di Pantai Pandawa


Dari hari ke hari memang kondisi ombak berbeda-beda. Kadang tinggi dan bagus untuk surfing, kadang sedang sehingga masih asik meskipun tidak terlalu seru, tapi kadang juga tidak ada sama sekali. Di Pantai Pandawa, biasanya ombak yang cocok untuk surfing muncul pada hari-hari di musim hujan, sekitar Oktober sampai April. Di musim kemarau biasanya air laut di pantai ini cenderung tenang, tidak ada gulungan ombak tinggi yang dicari-cari para peselancar. Tidak heran kalau pada musim kemarau, jarang terlihat wisatawan yang hilir mudik membawa papan selancar. Saat melihat ke laut juga tidak akan nampak orang-orang sedang bermain-main dengan gulungan ombak.

Sementara pada hari-hari di "musim surfing"-pun gulungan ombak tinggi tidak muncul sepanjang hari. Biasanya ombak yang bagus untuk surfing di Pantai Padawa datang pada saat air laut sedang tinggi, biasanya di pagi hari. Saat senja, air laut berubah menjadi tenang, tidak ada lagi gulungan ombak yang bisa diajak bermain.


Tempat Surfing di Pantai Pandawa


Meskipun pada saat musim yang tepat dan waktu yang tepat, ombak di kawasan Pantai Pandawa di depan lapangan pakir utama dimana kebanyakan wisatawan domestik menikmati liburannya tidak cocok untuk surfing. Jadi memang kita tidak akan pernah melihat orang surfing di sekitar situ. Untuk mencapai lokasi ombak yang cocok untuk surfing di Pantai Pandawa, surfer biasanya bertolak dari pantai yang berada di ujung timur, dekat tebing karang. Kalau kita turun memasuki kawasan Pantai Pandawa, kita harus berbelok kanan untuk masuk ke lapangan parkir utama. Nah kalau mau surfing, jangan berbelok, di belokan itu lurus saja.

Bagian pantai di ujung timur itu memang pasirnya agak sempit, ombaknya juga lebih besar. Memang kalau untuk aktivitas santai seperti sekedar berjalan-jalan, bermain pasir, dan berenang, kurang cocok. Tapi untuk mereka yang datang untuk surfing, justru sebaliknya, memang ombak besar itulah yang dicari. Bentangan pasir yang luas juga tidak terlalu menarik bagi mereka, karena memang mereka akan menghabiskan sebagian waktunya di tengah laut, bukan di tepian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar