Rabu, 21 September 2016

Sewa Kano di Pantai Pandawa

Banyak yang merasa cukup puas menikmati Pantai Pandawa dengan bersantai menikmati keindahan panoramanya. Bahkan ada yang sama sekali tidak mau terkena air laut karena malas berbasah-basah, harus berbilas bahkan berganti baju sebelum melanjutkan perjalanan. Sah-sah saja sih. Tapi kebanyakan orang merasa rugi kalau berkunjung ke pantai tanpa menikmati pantai sepenuhnya, bukan hanya soal keindahan panorama tapi juga aneka aktivitas seru yang hanya bisa dilakukan di pantai. Bagi mereka pasir yang menempel di badan dan air laut yang agak lengket di kulit saat mulai mengering merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keceriaan itu sendiri. Tempat untuk membilas badan dengan air tawar di Pantai Pandawa banyak tersedia, demikian juga toilet yang bisa dipergunakan sebagai tempat untuk berganti pakaian dengan pakaian kering sebelum pulang. Sementara baju basahnya tinggal lempar ke tempat laundry saat pulang ke hotel, tinggal minta layanan ekspress sehingga besok sudah kering, bersih, dan rapi, siap dipakai lagi.



Salah satu pilihan aktivitas wisata di Pantai Pandawa yang bisa dijadikan pilihan selain bermain pasir atau berenang adalah bermain kano. Kano ini bentuknya seperti perahu tapi kecil. Tidak ada ruang di dalamnya, hanya sedikit cekungan di bagian atas supaya kita bisa duduk dengan nyaman. Meskipun kecil, kano-kano di Pantai Pandawa bisa dipakai oleh dua orang dewasa. Sebagian wisatawan bahkan menggunakan satu kano untuk tiga orang dewasa. Masih bisa mengapung koq, cuma mungkin kurang nyaman karena akan terasa sempit alias terlalu berdesak-desakan. Tapi yang paling nyaman sih dinaiki sendiri. Kalau datang berdua, bertiga, atau lebih, menyewa sendiri-sendiri jauh lebih seru.

Harga Sewa Kano di Pantai Pandawa

Untuk menyewa kano di Pantai Pandawa kita tidak perlu merogoh saku terlalu dalam, hanya perlu selembar saja yang berwarna biru. Dengan membayar Rp. 50.000 itu kita bisa seru-seruan selama yang kita inginkan, tidak ada batasan waktu sekian jam. Sampai bosan asal jangan sampai berganti hari. Hehehe. Harga sewa kano di Pantai Pandawa juga sudah termasuk dua rompi pelampung dan pastinya sepasang dayung karena untuk melaju dan berbelok kano-kano ini memang memerlukan dayung, tidak digerakan dengan mesin.


Tempat untuk menyewa kano di Pantai Pandawa ada banya. Tinggal berjalan saja ke tepi pantai dan kita akan menemukan tumpukan kano di sana-sini. Biasanya untuk menyewa kita juga tidak perlu rebut tawar karena harga Rp. 50.000 sepuasnya itu sudah disepakati semua pengusaha penyewaan. Kalau menawarkan lebih murah akan diprotes oleh pengusaha-pengusaha lain karena dinilai melakukan praktek persaingan tidak sehat. Kalau menawarkan lebih mahal tetap akan diprotes karena dianggap merusak citra pariwisata Pantai Pandawa.

Jadi kalau anda berniat menyewa kano di Pantai Pandawa, kalau ditawari harga lebih dari Rp. 50.000 pergi saja ke kios sebelahnya, tidak perlu cape-cape rebut-tawar. Kalau ditawari harga Rp. 50.000 bayar aja, tidak perlu berusaha menawar karena pasti tidak akan diberikan. Kalau ditawari harga kurang dari Rp. 50.000 ... nggak bakal sih. Hehehe.

Waktu untuk Bermain Kano di Pantai Pandawa

Sebetulnya sih kita bisa bermain kano di Pantai Pandawa kapan saja, sepanjang hari. Kios-kios penyewaan buka pagi hari dari sekitar jam 7-an sampai sore hari selepas sunset, saat matahari mulai terbenam. Hanya saja ramainya wisatawan bermain kano biasanya di sore hari, antara jam 4-an sampai sunset.


Pagi hari biasanya ombak relatif besar sehingga banyak wisatawan takut untuk turun bermain meskipun sebetulnya masih cukup aman. Biasanya hanya mereka yang cukup mahir berenang dan sedikit menyukai tantangan yang justru memilih bermain kano di Pantai Pandawa di pagi hari. Kadang-kadang saking kuatnya arus, untuk menggerakan kano ke tengah juga harus dibantu dengan dorongan, tidak cukup hanya dengan dayung. Tapi buat para penyuka tantangan justru lonjakan-lonjakan akibat ombak inilah yang membuatnya menjadi lebih seru.

Tapi memang pilihan untuk bermain kano di Pantai Pandawa di sore hari itu memang asik punya. Kebanyakan kita orang Indonesia cenderung malas berpanas-panas, sore hari tentunya lebih nyaman karena sinar matahari sudah tidak lagi menyengat. Lebih aman untuk mereka yang takut kulitnya gosong terbakar sinar matahari. Di sore hari lautnya juga lebih tenang. Saat air surut, bagian dari dasar laut akan muncul menjadi semacam pulau yang memanjang di depan pantai. Ombak pecah di depan "pulau" itu, sehingga air laut di antara pasir pantai dan "pulau" itu jadi sangat tenang, sudah bukan lagi laut yang berombak tetapi lebih mirip telaga dengan riak-riak kecil.


Saat hampir tidak ada gelombang seperti ini kita juga bisa lebih leluasa melihat ke dasar laut, hampir seperti snorkeling tanpa harus menceburkan badan ke dalam air. Bonusnya kita bisa berkano menyeberang sampai ke "pulau" di yang memanjang di depan pantai itu.

Main Kano di Pantai Pandawa Enaknya Rame-Rame


Tidak ada salahnya memang bermain kano di Pantai Pandawa sendirian, tapi mungkin kurang seru kali ya. Bayangkan saja kalau pembalap Valentino Rossi membalap di sirkuit sendirian atau pesepakbola Ronaldo bermain di lapangan sendirian. Berdua, okelah lumayan, masih ada temannya, apalagi berduanya dengan pasangan. Romantis pastinya, apalagi kalau berkanonya di saat senja. Tapi tetap saja aktivitas wisata paling asik sih rame-rame. Berpacu menyeberang ke "pulau" misalnya, kan pasti seru. Kalau sendirian pastinya bukan berpacu kan namanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar